Persepsi Sebagai Strategi
Jack Trout |
Menurut Jack Trout dalam bukunya Trout On Strategy, Salah satu inti strategi adalah Persepsi. Keunggulan bersaing perusahaan, sesungguhnya adalah keunggulan komunikasi. Dengan demikian, masalah dalam bersaing adalah masalah dalam berkomunikasi. Strategi Positioning Sesungguhnya adalah strategi komunikasi. Periklanan merupakan bentuk komunikasi yang, dari sudut pandang penerima, dibangun dalam penghargaan yang rendah. Jika anda berhasil dalam periklanan, kemungkinan anda akan berhasil dalam bidang bisnis, agama, politik atau aktivitas lain yang membutuhkan komuniksi massa.
Positioning merupakan konsep yang mengubah keaslian iklan, konsep sederhana yang membuat orang menghadapi kesulitan dalam memahami kekuatannya. Positioning dimulai dengan sebuah produk, barang, jasa, perusahaan atau orang. Namun. Positioning bukanlah sesuatu yang anda lakukan terhadap produk. Positioning adalah sesuatu yang anda lakukan terhadap pikiran calon konsumen, yaitu menempatkan produk itu pada pikiran calon konsumen. Maka merupakan kesalahan jika menyebut konsep ini sebagai “positioning produk” , seperti misalnya melakukan sesuatu hal terhadap fisik produk itu. Juga salah jika positioning tidak melibatkan perubahan, tetapi, perubahan tersebut lebih mengarah keperubahan terhadap nama, harga dan kemasan, bukan terhadap produk secara keseluruhan.
Pada dasarnya. Ada perubahan penampilan yang akan dilakukan dengan tujuan menjamin suatu posisi yang lebih berharga dalam persepsi calon konsumen. Positioning juga merupakan hubungan pemikiran yang pertama yang dirancang untuk memegang permasalahan dalam mendengarkan masyarakat kita yang kebanjiran informasi. Satu-satunya pertahanan yang dimiliki oleh seseorang dalam erasnya arus informasi adalah pemikiran yang sangat sederhana. Dengan demikian, pendekatan terbaik yang harus diambil seseorang dalam masyarakat adalah pesan yang sederhana. John Sculley, mantan Chairmen Apple Computer, mengatakan “segala hal yang pernah kita pelajari dalam era industry cendrung menciftakan kerumitan yang semakin parah. Saya kira semakin banyak orang yang sadar bahwa anda harus melakukan penyedrhanan, bukan sebaliknya. Ini ide yang sangat ASIA, bahwa kesederhanaan adalah kecanggihan terhebat”.
ProXL menggunakan kata “tak hanya bicara”, Polytron dengan “Yang lainnya Lewat”, dan RCTI “tambah OKE”,tvOne dengan “Terdepan Mengabarkan”.. Siapa yang memenangkan persepsi terhadap benak konsumen adalah pemenang persaingan karena persepsi adalah adalah salah satu ini dasar Strategi.
0 komentar:
Post a Comment
Tinggalkan Comentar Anda