Visi dan Misi Bisnis Google dan Yahoo
Google-YAHoo! |
1. Komponen pertama dari konsep bisnis adalah strategi inti (Core Strategy) yang merupakan inti dari bagaimana suatu perusahaan memilih cara berkopetisi. Unsure-unsur dari Strategi inti meliputi visi dan misi bisnis. Visi Bisnis merupakan apa yang diinginkan perusahaan yang bersifat ideal dan Misi Bisnis merupakan operasionalisasi dari visi bisnis. Visi dan Bisnis ini akan mengarah pada pernyataan nilai, kehendak Strategi, tujuan dan sasaran yang besar, banyak dan berani serta semua sasaran kinerja. Visi dan Misi bisnis ini untuk member arah dan seperangakat kritirea untuk mengukur kemajuan yang dicapai.Sebagai Contoh Google™ dan YAHoo!.
· Misi dari Google™ Mengorganisasi Informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan digunakan secara universal. Misi yang kanya dengan modal spiritual tersebut menjadikan Google dapat meledak penjualan iklannya. Dari modal 0.1 juta dolar Amerika pada 1998 meledak pada maret 2007 dengan pendapatan mencapai 3,66 milyar dolar Amerika Serikat.
· Misi dari YAHoo! Adalah Menghubungkan orang dengan keinginan yang besar mereka, komunitas mereka dan pengetahuan dunia. Perusahaan ini didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo dengan modal yang relative kecil pada 1994. Sekarang perusahaan tersebut telah meledak dengan perolehan pendapatan 6,426 milyar dolar Amerika Serikat pada tahun 2006.
2. Komponen kedua adalah sumberdaya setrategis yang terdiri dari kompetisi inti, asset-aset strategis dan proses inti. Sumberdaya strategis bersifat spesifik dan unik, dapat mengubah secara dramatis sumberdaya kompetisi menjadi sumber inovasi konsep bisnis. Kompetisi ini merupakan sesuatu keunggulan yang dimiliki perusahaan dan mampu memberikan keterampilan yang unik contohnya: www.amazon.com yang mempunyai sebuah paten technology One-Click dan mempunyai merek yang sangat kuat yang merupakan Satu di antara kualitas kompetisi intinya.
3. Komponen ketiga perantara pelanggan (Customer Interfrace) mempunyai 4 elemen, yaitu: dukungan dan pemenuhan, informasi yang mendalam, dinamika hubungan dan struktur harga. Haley Davidson merupakan perusahaan yang mampu membangun hubungan sejati dengan pelanggannya.
4. Sedangkan komponen keempat dari model bisnis adalah jaringan nilai yang mengelilingi perusahaan yang memperkuat dan melengkapi sumberdaya yang dimiliki perusahaan. CISKO dan NOKIA menggunakan jaringan pemasok mereka sebagai cara untuk mengurangi modal kerja dan meningkatkan fleksibilitas secara dramatis…..
0 komentar:
Post a Comment
Tinggalkan Comentar Anda