Sejarah Singkat e-Commerce
Penerapan electronic commerce bermula di awal tahun 1970-an, dengan adanya inovasi semacam Electronic Fund Transfer (EFT). Saat itu tingkat aplikasinya masih terbatas pada prusahaan-prusahaan besar lembaga keuangan, dan sgeleintir prusahaan kecil yang nekat. Lalu muncullah Electronic Data Intechange (EDI), yang berkembang dari transaksi keuangan kepemrosesan transaksi lain serta memperbesar jumlah prusahaan yang berperan serta, mulai lembaga-lembaga keuangan hingga prusahaan manufaktur, ritel, layanan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi lain kemudian menyusul, yang memiliki jangkauan dari perdagangan saham hingga system resevasi perjalanan. Pada saat itu system tersebut disebut sebagai aplikasi telekomunikasi yang nilai strategisnya sudah dikenal secara umum. Dengan adanya komersialisasi internet diawal tahun 1990-an, serta pesatnya pertumbuhan yang mencapai hingga jutaan pelanggan potensial, maka munculah istilah electronic commerce (e-Commerce), yang aplikasinya segera berkembang pesat. Pusat riset e-Commerce di Universitas Texas yang mempelajari 2000 perusahaan internet. Sector yang tumbuh paling cepat adalah e-Commerce, yang naik sampai 72% dari $99,8 milyar menjadi $171,5 milyar. Pada tahun 2002, di atas satu triliun dolar pendapatan dihasilkan dari internet.
Satu alasan bagi pesatnya perkembangan jaringan, protocol, perangkat lunak, dan spesifikasi. Alasan lain adalah meningkatnya persaingan dan berbagai tekanan bisnis lain.
Dari tahun 1995 hingga 1999 kita telah menyaksikan beberapa aplikasi inovatif, mulai iklan hingga ke pelelangan dan pengalaman realitas maya.. hampir tiap organisasi menengah dan besar di AS telah memiliki situs Web sendiri. Ada yang sangat besar Misalnya:, tahun 1998, General Motors Corporation (www.gm.com) menawarkan 18.000 halaman informasi yang mencakup 98.000 link ke berbagai produk, layanan dan dealer-dealernya.
0 komentar:
Post a Comment
Tinggalkan Comentar Anda